Berbagai Macam Tinta Printer

Selain jenis kertas dan finishing yang tepat, ada banyak hal yang menentukan kesuksesan sebuah hasil cetak sehingga sesuai dengan keinginan anda. Salah satunya adala tinta printer. Penggunaan tinta printer yang tepat akan mendukung hasil cetak yang memuaskan. Mungkin kita berpikir semua tinta yang digunakan pada semua mesin cetak  digital sama. Namun ternyata ada banyak jenis tinta yang digunakan pada mesin yang berbeda-beda. Biasanya pada saat akan mencetak, kita hanya mengajukan request ukuran, bahan, dan juga  teknik finishing yang digunakan. Apa perlunya mengurusi tinta yang akan digunakan? Ya, memang jarang bahkan hampir tidak pernah orang mengajukan permintaan menggunakan tinta tertentu dalam percetakan. Namun, tidak ada salahnya kan untuk memperluas pengetahuan anda mengenai dunia percetakan?

  1. Tinta Dye Base

Tinta ini berbahan dasar air yang kemudian dicampur dengan bahan perwarna yang menyatu dengan sempurna. Penyatuan antara air dan bahan pewarna ini membuat peluang terjadinya pengendapan atau kemampatan pada prinhead catridge semakin kecil. Tinta ini merupakan tinta yang paling banyak digunakan karena pada dasarnya digunakan untuk printer standar. Jika dilihat dari segi harga, tinta ini merupakan tinta yang murah. Hasil cetaknya dinilai kurang tajam, tidak tahan air, dan cahaya jika digunaka untuk mencetak di atas kertas HVS. Namun tinta ini sangat bagus jika digunakan untuk mencetak di atas kertas foto.

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

  1. Tinta Pigment

Tinta ini memiliki kulitas yang lebih tajam, pekat, dan tahan air jika dibandingkan dengan dye base. Hasil cetak dengan menggunakan tinta pigment tergolong lebih tahan lama dan anti air di semua jenis kertas seperti HVS, Inkjet Paper, maupun photo paper. Kelemahan dari tinta ini adalah jika digunakan dalam jangka waktu tertentu maka berpotensi menyumbat printhead catridge karena bahan tinta yang dapat mengendap dan mengering pada nozzle head.

  1. Water Based Sublimation

Tinta ini mengandung minyak, pewarna, diluents, dan zat lainnya sehingga memiliki daya tahan yag lebih baik dari tinta pigment. Namun tetap saja, resiko menyumbatan dan pengendapan pada printhead lebih besar. Karena ketahanannya terhadap air dan kemampuan mencetak degradasi warna yang lebih kuat, Tinta ini digunakan untuk mencetak gambar ke media selain kertas seperti baju kaos, pin, mug, keramik, dan lain-lain. Tinta ini digunakan untuk infus printer sehingga hasil cetak  dapat ditransfer ke media-media yang disebutkan di atas. Metode yang digunakan saat mencetak adalah dengan mencetak gambar di atas kertas HVS atau inkjet paper lalu di heat press ke media lainnya seperti kaos atau mug.

  1. Tinta Art Paper Ink

Tinta ini dapat digunakan untuk percetakan baik skala besar maupun kecil. Biasanya tinta ini digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper atau ivory untuk hasil cetak yang full colour.

  1. Tinta Solvent

Tinta ini terdiri dari bahan-bahan menyerupai cat duco dan bahan-bahan lainnya yang cocok untuk hasil cetak outdoor seperti mencetak banner, spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk cetak outdoor. Hal ini dikarenakan tinta ini paling baik ketahanannya terhadap air dan sinar UV. Kekurangan dari tinta ini adalah baunya yang menyengat.

  1. Tinta Eco Solvent

Tinta ini hampir mirip dengan tinta solvent, namun karakteristiknya kurang tahan terhadap UV. Kelebihan dari tinta ini adalah baunya yang tidak menyengat seperti tinta solvent. Tinta ini dapat digunakan untuk cetak outdoor dan indoor.

Konsultasikan keinginan cetak anda pada kami, temukan solusinya di www.klikprint.co.id. Kami siap memberikan hasil cetak digital online yang cepat dan berkualitas.

Referensi : dikutip dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.