Evolusi Penggunaan Kartu Nama

Saat ini kebanyakan orang melakukan cetak kartu nama untuk kepentingan bisnisnya. Dengan mencetak kartu nama, mudah bagi seseorang untuk menceritakan dirinya dan bisnisnya tanpa harus berbicara panjang lebar. Tapi taukah anda bahwa kartu nama awalnya dicetak bukan untuk alasan profesionalisme atau bisnis? Lebih tepatnya, kartu nama mengalami perkembangan atau evolusi dari waktu ke waktu dalam penggunaannya. So, sebelum anda melakukan cetak kartu nama pada tempat percetakan digital andalan anda, mari sedikit belajar perkembangan sejarah penggunaan kartu nama di masa lampau.

Kartu nama telah digunakan di Eropa sejak abad 17. Pada saat itu kartu nama digunakan untuk mengumumkan kedatangan bangsawan ke sebuah kota. Selain itu kartu nama juga digunakan untuk mengumumankan akan diadakannya sebuah acara/pesta dirumah seseorang. Bisa dibilang kartu nama fungsinya sedikit mirip dengan undangan.

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Lain halnya di abad ke 18 hingga 19, pada abad ini kartu nama dikenal dengan sebutan social card. Kartu ini biasanya diberikan seorang wanita ketika wanita itu baru pertama kali berkunjung ke sebuah rumah. Saat itu di Eropa memiliki budaya memberikan kartu nama saat bertamu ke rumah seseorang. Oleh karena itu, di setiap rumah akan ada seseorang yang menyodorkan baki di pintu masuk, sehingga tamu dapat meletakkan kartu namanya pada baki tersebut. Kartu nama itu nantinya akan diserahkan kepada tuan rumah sehingga sang empunya rumah tau siapa yang telah berkunjung ke rumahnya.

Uniknya pemberian kartu nama di masa lampau memiliki beberapa aturan atau etika. Misalnya, jika anda memberikan kartu nama yang dilipat sudutnya, maka ini menunjukkan bahwa anda berkunjung untuk kepentingan pribadi. Sedangkan jika anda melipat kartu nama pada bagian tengah, anda berkunjung untuk kepentingan keluarga. Ada pula budaya pemberian simbol pada kartu nama. Jika terdapat symbol P/F artinya anda datang bertamu untuk mengucapkan selamat. Sementara jika anda menggunakan symbol P/C artinya anda datang bertamu untuk mengucapkan bela sungkawa.

Di Inggris, pada tahun 1830 kartu nama dicetak untuk kepentingan perdagangan. Para pedagang biasanya membagikan kartu nama mereka kepada para pelanggan mereka sehingga pada saat pelanggan mereka membutuhkan sesuatu, para pelanggan tersebut dapat kembali pada si pedagang untuk membeli barang dagangannya. Selain itu kartu nama juga dibagi-bagikan oleh para pekerja sebelum atau sesudah aktivitas kerja untuk mengetahui identitas setiap orang. Pada saat itu, kartu nama diproduksi  menggunakan kulit kayu.

Penggunaan kartu nama semakin berkembang hingga pada masa revolusi industri. Di mana kartu nama tidak selalu dibagikan dalam berbagai acara yang formal tetapi juga informal. Kebiasaan membagi-bagi kartu nama ini pun meluas hingga ke Amerika Serikat hingga saat ini. Oleh karena itulah kebanyakan orang menggunakan kartu nama untuk memperkenalkan diri, seperti yang dilakukan oleh masyarakat saat ini. Saat ini kartu nama yang dicetak berisi data pribadi seperti nama, pekerjaan, nomor telepon, email, dan sebagainya. Kartu nama menjadi lebih banyak digunakan untuk kepentingan bisnis, walaupun masih ada juga orang yang melakukan cetak kartu nama untuk memperkenalkan dirinya secara pribadi.  Bahkan saat ini orang-orang membuat kartu nama dengan desain serta bentuk yang unik sesuai dengan identitas diri, bisnis yang ingin diperkenalkan, atau profesi mereka masing-masing. Tak jarang orang-orang sengaja mencetak kartu nama dengan bahan-bahan yang unik untuk menciptakan kesan kartu nama yang elegan dan eksklusif. Temukan solusi percetakan digital online cepat, cetak murah, dan cetak berkualitas di www.klikprint.com.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.