Flexi: Bahan Digital Printing

flexi korea

Pemilihan bahan untuk media promosi baik itu outdoor maupun indoor merupakan hal penting. Ada banyak jenis bahan sebagai media cetak digital. Sebelum melakukan percetakan, ada baiknya anda mengenali bahan-bahan tersebut satu per satu sehingga anda mendapatkan hasil cetakan terbaik. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis bahan tersebut. Untuk bagian pertama kita membahas bahan yang disebut Flexi. Berikut ulasannya :

  1. Flexi / Vynill Frontlite/ Flexi Frontlite

Bahan Flexi banyak digunakan dalam percetakan digital, baik untuk membuat  banner, umbul-umbul, spanduk, baliho, billboard, neonbox / lightbox bahkan tenda. Pada dasarnya kualitas bahan flexi berbeda-beda tergantung negara yang membuatnya. Secara umum, flexi merupakan bahan yang lentur dan tidak mudah robek. Permukaan flexi pada dasarnya halus di satu sisi dan kasar di sisi yang lain.

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

  • Flexi China

Flexi china merupakan bahan yang halus dan tipis. Bahan ini sangat cocok untuk media promosi baik itu indoor maupun outdoor. Flexi yang sering dipakai umumnya memiliki gramatur 230 sampai dengan 400. Sementara lebar gulungnya di antara 220 cm, 250 cm, 320 cm, 550 cm.

flexi china

  • Flexi Korea

Flexi korea memiliki permukaan yang lebih halus dari flexi china namun memiliki harga yang lebih mahal.  Gramatur yang biasanya dipakai berkisar 230 hingga 350 gram. Sementara lebar gulungnya di antara 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

flexi korea

  • Flexi Jerman

Flexi jerman merupakan bahan yang paling tebal dan mahal dibanding flexi lainnya. Permukaannya lebih halus dari kedua flexi lainnya dengan hasil cetak yang lebih tegas dibanding yang lain. Berat flexi jerman sama dengan flexi china yaitu 230 hingga 400 gram dengan lebar gulung 220 cm, 250 cm, 320 cm, dan 550 cm.

flexi jerman

  1. Flexi Backlite

Flexi backlite pada dasarnya mirip dengan flexi frontlite. Hanya saja  serat dan tekstur flexi backlite lebih kaku.  Selain itu, ia tergolong bahan yang halus, tebal, dan sedikit transparan. Fungsinya pun lebih luas jika dibandingkan dengan flexi frontlite. Umumnya flexi backlitedi gunakan untuk mencetak neon box dan sign board yang terdapat di depan lampu penerangan karena bahan ini akan berpendar saat terkena cahaya. Flexi backlite diproduksi menggunakan UV Ink sehingga kekuatan tintanya bertahan lebih lama.

Flexi backlite juga mempunyai jenis yang berbeda-beda sesuai dengan negara pembuatnya yaitu flexi backlite china, korea, dan jerman. Gramatur yang dipakai oleh ketiga jenis ini adalah 250 sampai dengan 300 gram dengan lebar gulungan  220 cm, 250 cm, 320 cm, dan 550 cm. Untuk flexi backlite korea bagian belakang seratnya berwaran kebiru-biruan. Sementara flexi backlite jerman bagian belakang seratnya berwarna putih. Ketiganya cocok digunakan untuk media promosi indoor maupun outdoor.

Bahan Digital Printing Selanjutnya

(Dari berbagai sumber)

2 thoughts on “Flexi: Bahan Digital Printing”

  1. Selamat siang, saya dari Pekanbaru Riau
    Mau tanya bahan flexi China 400gsm untuk neonbox 550cm ada?
    Kalau ada, brapa ya harga per meternya, sekalian ongkos kirim ke kepanbaru,
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.