Hasil cetak sempurna, Bagaimana Caranya?

Finishing! Ya, finishing adalah jawaban dari pertanyaan di atas. Finishing merupakan tahap yang tidak kalah penting dari proses percetakan. Finishing dapat menyempurnakan hasil cetak menjadi lebih indah dan tahan lama. Kurang lengkap rasanya jika kita sudah mencetak dengan warna dan bahan yang maksimal namun tanpa proses finishing. Apa itu finishing? Seperti namanya finish, finishing merupakan tahap terakhir dari percetakan sebelum hasil cetak diserahkan kepada klien. Seperti apa sih finishing yang biasanya perlu dilakukan? Berikut ini beberapa tahap finishing yang biasanya dilakukan pada percetakan:

  1. Plastik pelapis

Plastik pelapis ini ,menggunakan plastik tipis sebagai bahan dasarnya. Biasanya lebih dikenal dengan sebutan laminasi. Terdapat 3 jenis plastik, yaitu :

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

  • Laminasi gloss, laminasi ini menghasilkan hasil akhir cetak yang mengkilap, halus, dan memantulkan cahaya
  • Laminasi doff, laminasi ini menghasilkan efek halus pada hasil cetak, namun tidak mengkilap
  • Laminasi khusus atau hologram, merupakam laminasi yang memberi hasil akhir berpola bintang-bintang yang bertebaran, atau gambar-gambar lainnya tergantung dari gambar dari plastik yang digunakan.
  1. UV atau Vernish

Merupakan finishing cetak yang menggunakan bahan utama berupa cairan dan diolah pada mesin khusus untuk menghasilkan efek seperti pada laminasi. Bedanya, efek dari laminasi lebih mencolok dibandingkan  efek dari UV. Cara membedakan apakah sebuah finishing cetak merupakan laminasi atau UV adalah dengan merobeknya menggunakan tangan. UV sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu :

  • UV Glossy
  • UV Doff
  • UV Spot, merupakan hasil penggabungan antara UV dan laminasi.

Penggabungan Laminasi dan UV adalah UV SPOT, biasanya tampak di company profile perusahaan, logonya mengkilat tetapi bagian lainnya doff.

  1. Pemotongan kertas

Pemotongan kertas dilakukan dengan mesin pemotong kertas seperti POLAR, DQ 201, QZK 130. Mesin ini digunakan untuk memotong kertas sesuai dengan ukuran yang diminta oleh klien sebelum atau sesudah proses cetak.

  1. Mesin potong kertas 3 sisi

Mesin ini digunakan untuk memotong kertas setelah dicetak dan kemudian dirangkai menjadi buku sebanyak 3 sisi dalam sekali potongan. Kelebihan dari mesin ini adalah efektivitasnya dari segi waktu dibandingkan mesin potong biasa.

  1. Lem panas (gluer book binding)

Mesin lem panas digunakan untuk melekatkan cover buku dan halaman buku. Lem panas ini sangat cepat mengering sehingga hasil cetakan dapat langsung menjadi sebuah buku.

  1. Pelipatan dengan folder machine

Mesin ini terdiri dari 2 jenis, yaitu :

  • Mesin lipat dua mata (2 kali lipatan), mesin ini biasanya digunakan untuk melipat brosur atau majalah ukuran besar
  • Mesin lipat empat mata (4 kali lipatan), biasanya digunakan untuk buku
  1. Nomorator

Mesin ini berguna memberi nomor pada cetakan-cetakan yang memerlikan nomor urut, misalnya: nota/faktur, tiket, kuitansi, dan lain-lain.

  1. Cacah (Perforasi / Perforator)

Mesin perforator digunakan sebagai alat untuk membuat lubang kecil yang membentuk garis lurus pada hasil cetak sehingga garis tersebut mudah disobek. Selain itu, mesin ini juga berfungsi sebagai pembolong kertas.

  1. Pond (Puncher)

Mesin Pond digunakan sebagai alat untuk memotong dan membuat rel berdasarkan motif bentuk yang akan dibuat. Biasanya digunakan pada kartu undangan, kartu ucapan, dus atau kemasan produk, dan lain-lain.

  1. Mesin jahit kawat dan benang

Mesin jahit kawat digunakan untuk menjilid bagian tengah daripada buku dengan menggunakan kawat atau benang, misalnya: agenda, buku-buku, dan sebagainya.

  1. Mesin polymas (hot stamping / hotprint)

Mesin ini digunakan untuk mentransfer hasil cetak dengan cara ditekan kuat dan dipanaskan dengan menggunakan kertas tinta emas foil hotprint berbagai warna. Sebelumnya, mesin ini harus dibuatkan pola motif dengan cetakannya yang berbentuk lempengan dari logam (matres / klise poly emboss-hotprint). Contohnya penggunaan efek tulisan emas-perak (mengkilat) pada kartu undangan, kartu nama, sertifikat, ijazah, dan lain-lain. Mesin hotprint ini cocok untuk memulai usaha percetakan undangan.

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.