Iklan Cetak Masih Efektif ? Ini Dia Alasannya!

Perkembangan teknologi di jaman ini tidak dapat terelakkan lagi. Kalau dulu teknologi berkembang dari 1 dekade ke dekade lainnya, saat ini setiap tahun selalu ada inovasi baru yang  ditemukan. Tidak perlu menunggu lama untuk merasakan implementasi teknologi yang baru. Dalam hitungan bulan, inovasi yang ditemukan sudah dapat diterapkan dan digunakan oleh masyarakat. Sayangnya tak semua dari perkembangan ini berdampak positif. Bahkan ada banyak usaha yang gulung tikar karena tak sanggup mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Sisanya, ada banyak pengusaha di bidang-bidang tertentu yang ketar-ketir apakah produksi usahanya masih akan diminati masyarakat di masa depan. Tak dapat dapat dipungkiri, media promosi cetak menjadi salah satu yang “terusik” dengan perkembangan ini. Tapi apakah benar media promosi cetak tidak lagi efektif? Tunggu dulu! Sebelum anda mengurungkan niat anda menggunakan jasa jetak cepat atau yang sekarang dikenal dengan istilah digital printing. Anda perlu merenungkan tulisan ini baik-baik.

Pada tahun 2009, Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) Pusat bekerja sama dengan LP3ES melakukan survei mengenai efektifitas media cetak. Hasil dari survei itu justru menunjukkan adanya peluang besar bagi media cetak di masa yang akan datang. Rata-rata waktu orang Indonesia membaca koran per hari selama 34 menit. Sementara majalah dibaca selama 30 menit dan tabloid 27 menit per hari. Bandingkan dengan di Inggris, umumnya orang membaca koran selama 40 menit per hari (2007).

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Mengejutkannya lagi, survei ini juga menegaskan, bahwa internet bukanlah ancaman bagi media cetak. Ternyata sebagian besar orang Indonesia dengan presentase 60% menggunakan internet untuk mengakses situs jejaring sosial. Hanya 20% orang Indonesia yang menggunakan mengakses internet untuk membuka media online, dan sebesar 12% membuka situs berita.

Selain itu, terdapat berbagai kelebihan dari media iklan yang dicetak. Sebab media promosi cetak ini sangat ideal untuk menunjukkan dan memperlihatkan kemasan produk, khususnya untuk produk dengan kategori terbaru dan membutuhkan penjelasan rinci, misalnya manfaat produk tersebut jika digunakan. Selain itu, iklan yang dicetak memberikan waktu luang bagi pembaca untuk mencerna maksud dari sebuah pesan periklanan.

Beralih ke iklan cetak yang terdapat tempat-tempat umum baik itu outdoor maupun indoor. Efektifitas iklan juga diukur dari seberapa sering seseorang diterpa oleh pesan dari iklan tersebut. Dalam hal ini iklan cetak dapat bergerak dengan efektif. Iklan-iklan cetak yang terpampang di jalan-jalan besar secara tidak sadar mempengaruhi atau melekat dalam ingatan setiap orang yang melalui jalan tersebut, misalnya para pekerja kantoran yang setiap hari melalui jalur yang sama. Terpaan iklan yang berulang ini sangat efektif untuk membuat sebuah iklan diingat oleh masyarakat. Misalnya saja iklan dari merek air mineral, AQUA. Inti pesannya adalah “jika anda mulai tidak konsentrasi berarti anda belum minum Aqua”. Pesan ini dengan mudah ditangkap hanya dengan pemasangan billboard di jalan-jalan. Tentu saja juga terdapat iklan aqua melalui televisi. Namun untuk orang yang tidak pernah menonton televisi, kebanyakan dari mereka juga ikut menangkap pesan tersebut karena iklan yang mereka lihat di sepanjang jalan.

Sementara untuk iklan online kita perlu memasang iklan di banyak website untuk dilihat secara berulang-ulang oleh pengguna internet. Iklan online juga tidak bisa dilihat oleh para pengendara ketika sedang berkendara. Dengan adanya iklan cetak yang terpampang dipinggir jalan, terpaan kepada para pengguna jalan menjadi sangat besar tentu didukung juga dengan penempatan iklan pada lokasi yang tepat.

Perkembangan teknologi tidak selalu menjadi musuh atau momok bagi pengguna media iklan cetak, justru perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuat iklan cetak jauh lebih menarik dari iklan online. Misalnya saja dengan memanfaatkan teknologi LED. Iklan cetak dipinggir-pinggir jalan bisa saja dilengkapi dengan lampu-lampu LED yang dapat menarik perhatian semua orang yang melihatnya. Justru dengan perkembangan teknologi yang ada, para pemasang iklan harus tertantang untuk membuat iklan yang lebih kreatif.  Jadi, iklan cetak bisa jadi lebih hebat kan dari iklan online?

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.