Ketika Digital Printing Berpadu dengan Kreatifitas

Digital printing sudah menjadi bagian hidup masyarakat sehari-hari. Saat ini, mungkin banyak dari masyarakat kita berpikir, apa jadinya hari ini jika tanpa percetakan digital. Salah satu yang paling akrab kita lihat setiap hari adalah digital printing outdoor yang di pasang di jalan-jalan besar, tol, dan sebagainya agar menarik perhatian orang. Di belahan dunia lain, orang yang bergerak dalam industri periklanan (kreatif) memanfaatkan digital printing untuk membuat iklan yang menarik.

Digital printing outdoor memiliki peran yang besar dalam keseharian kita, apakah kita melewati sebuah billboard dijalan saat menuju tempat kerja, jogging, melewati bangunan yang ditutupi oleh iklan yang dicetak besar, atau bahkan menginjak gambar di atas lantai atau jalanan saat berjalan di jalan raya. Dengan banyaknya iklan-iklan outdoor di luar sana, penting bagi kita, khususnya untuk kepentingan periklanan dan branding, agar hasil karya tersebut membuat orang tertarik dan bahkan mengingatnya. Mendapatkan perhatian dari pelanggan adalah hal yang jauh lebih penting. Kita harus menambahkan efek-efek yang spesial dan menarik perhatian agar iklan yang dicetak diingat oleh masyarakat.

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

FESPA (Federation of European Screen Printing) telah memilih beberapa contoh hasil printing outdoor yang tidak hanya menunjukkan betapa kreatifnya hasil cetak digtal  yang bisa kita buat, tapi juga menggunakan media yang ada di sekitar untuk menghasilkan inovasi baru dalam beriklan.

Pokémon Go membantu pencarian orang hilang

Sebuah organisasi kemanusian di British memanfaatkan fenomena Pokémon Go tahun lalu dengan mencetak sejumlah poster yang ditempel di lantai atau di jalan untuk memberi bantuan dalam usaha pencarian orang hilang. Ternyata iklan tidak hanya untuk tujuan komersial ya?


Hashtag iklan Heineken menarik perhatian masyarakat di Milan

Heineken mengeluarkan sebuah hashtag panjang yang dipajang pada poster iklan di pinggir jalan di Milan, Italia, menjelang final Uefa Champions League football pada Mei 2016. Arti dari hashtag ini dalam bahasa Inggris adalah “Water Barley Hops And Horizontal Fermentation Are The Secrets Of Heineken Since 1873 Tweet It Right To Win The UCL Final” yang artinya:  “Air Barley Hops dan fermentasi horizontal adalah rahasia dari Heineken sejak 1873, Postingkanlah ini untuk memenangkan final UCL” Wah, panjang juga ya! Nama dari kampanye iklan ini adalah “The Final Hashtag”.

Chevrolet menerangi langit malam di gedung Detroit

i.M Branded membuat sebuah iklan yang sangat kreatif dengan menyelubungi sebuah gedung untuk mempromosikan Malibu Chevrolet baru 2016. Iklan ini dipasang di Detroit’s Renaissance Center setinggi 115.000 square feet dan menggunakan 66 lampu LED high definition. Lampu-lampu ini bersinar melalui media cetak yang menyelubungi gedung dan penekanan cahaya pada bagian lampu mobil. Iklan ini bahkan tetap terlihat pada siang hari.

Perlombaan lari menjelang Rio 2016

Seorang pelari cepat asal Belanda muncul di sebuah iklan merk sepatu Nike yang sangat besar. Iklan ini dipasang menjelang Olimpiade musim panas Rio 2016. Schippers yang saat iklan tersebut menggunakan “Nike’s unlimited trainers” (jenis sepatu), pada akhirnya memenangkan medali perak pada lomba lari 200 meter di Brazil.

Bus di Denmark dengan gambar Donald Trump

Sebuah agensi di Denmark yang bernama Uncle Grey membuat semua proyek dekorasi ban pada bus sebagai usaha untuk mengajak warga negara Amerika yang tinggal di Denmark untuk tidak memberikan suaranya bagi Donald Trump. Sayang sekali, nampaknya usaha ini gagal. Di luar dari kampanye yang cukup kreatif dengan membuat iklan  pada bus sehingga nampak seperti mata yang sedang melotot, Trump berhasil mencapai White House sebagai presiden ke 45 Amerika Serikat.

RAMS kembali ke LA dengan serangkaian iklan Billboard

Tahun lalu, sebuah kelompok football Amerika NFL bernama Rams datang kembali ke Los Angeles dari St. Louis dalam sebuah pergerakan terbesar dalam sejarah NFL.

Tim ini menandai kembalinya mereka ke LA dengan pemasangan sejumlah billboard dan poster yang memperlihatkan versi raksasa dari para pemain Rams dan dipasang di berbagai tempat di California. Pada gambar ini terlihat Todd Gurley yang sedang melompak dari jembatan  ke pinggir sebuah pantai di LA.

Caffeine boost

Untuk mempromosikan jenis kopi baru, sebuah agensi periklanan di London membuat laboratorium khusus di sebuah taman di Potters Bar, London. Para pelanggan diajak untuk mencoba kopi barunya dan melakukan 20 menit tidur siang di dalam sebuah cangkir kopi yang besar yang didesain persis seperti cangkir Kopi Greggs lengkap dengan brand dan labelnya.

McDonald menyapa Burger King di Paris

McDonald mencetak sebuah iklan yang cukup menghebohkan namun tetap dengan selera humor yang tinggi untuk mengucapkan selamat datang kepada kompetitiornya yang baru saja membuka franchise barunya di Prancis. Iklan dari Burger King memberikan petunjuk arah menuju restoran Burger King terdekat yang terlihat sangat panjang sehingga iklan tersebut menjulang  tinggi. Kemudian, McDonalds ikut memasang iklan tepat di sebelah iklan Burger King dengan petunjuk yang sangat simple untuk menunjukkan lokasi McDonals, yang bertuliskan “hanya 5 km dari sini”.

Referensi : Fespa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.