Penggolongan Warna (3)

Percampuran dari ketiga warna dasar dalam perbandingan 1:1:1 akan menghasilkan warna netral. Hasil dari campuran ketiga warna ini secara tepat akan menuju ke warna hitam. Percampuran ini sering kali muncul sebagai penyeimbang warna-warna kontras di alam.

Berikut ini warna-warna yang tergolong dalam warna netral:

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

1. Hitam

Dari segi psikologis, hitam dapat menimbulkan beberapa kesan. Di sisi yang positif, hitam dapat memberikan kesan keanggunan, firmalitas, dan kekuatan. Dari sisi negatif, hitam seringkali digunakan untuk menggambarkan kejahatan, kematian, dan misteri. Hitam juga menggambarkan suasana berkabung di banyak negara Barat. Di beberapa kebudayaan, hitam juga menggambarkan suasana pemberontakan, Halloween, dan klenik. Dalam seni desain hitam juga dapat digunakanĀ  untuk menimbulkan kesan canggih dan misteri.

Hitam merupakan warna yang paling kuat dari warna-warna netral lainnya. Selain menggambarkan suasana di atas. Dalam dunia desain hitam seringkali digunakan untuk menimbulkan kesan elegan. Kesan ini dapat ditimbulkan baik secara konservatif ataupun modern, tradisional atau konvensional. Hal ini bergantung dari warna-warna apa yang dipadukan dengan warna hitam.

2. Putih

Warna ini biasanya digunakan untuk menggambarkan kesucian, kebersihan, kebaikan, dan kebajikan. Seringkali, warna ini juga digunakan untuk pakaian dari gaun pengantin perempuan pada hari pernikahan. Selain itu, karena menggambarkan kebersihan, warna putih biasa digunakan dalam industri perawatan kesehatan, seperti dokter, perawat, dokter gigi, dan lain-lain.

Warna putih berada pada ujing spektrum dari hitam. Warna ini dapat bekerja sama saat dipadukan dengan warna lain. Karena warnanya yang netral, warna putih seringkali dijadikan warna latar yang memungkinkan warna lainnya menjadi bagian yang menonjol. Warna ini juga seringkali digunakan untuk desain minimalis. Putih juga dapa digunakan baik musim dingin maupun musim panas. Hal ini bergantung dari motif dan warna yang dipadukan dengannya.

3. Abu-abu

Warna abu-abu dapat menimbulkan kesan surat dan menyedihkan. Namun seringkali cahaya dari warna iniĀ  digunakan sebagai pengganti untuk warna desain putih. Warna ini merupakan akhir dari spektrum warna. Abu-abu seringkali dianggap sebagai warna yang konservatif dan formal namun bukan berarti tidak dapat digunakan untuk menimbulkan kesan moderen.

4. Coklat

Warna ini merupakan warna netral yang hangat. Warna ini sangat berhubungan dengan bumi, kayu, dan batu. Warna coklat memberikan kesan ketergantungan dan kehandalan serta ketabahan. Warna ini juga sangat membumi namun dapat juga dianggap membosankan. Pada desain coklat biasanya digunakan untuk warna latar belakang. Warna ini juga terkadang digunakan dalam bentuk paling gelap sebagai pengganti warna hitam, baik dalam latar maupun tipografi.

Melalui penggolongan warna netral ini, anda dapat belajar untuk menggunakan warna-warna di atas untuk hasil karya desain yang membutuhkan warna-warna netral sehingga dapat dipadukan dengan warna-warna lainnya. Untuk hasil percetakan terbaik, pastikan anda hanya menggunakan jasa kami. Kunjungi segera website kami klikprintl.co.id atau hubungi (031) 3557730.

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber

One thought on “Penggolongan Warna (3)”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.