Warna dan Fungsinya dalam Dunia Desain dan Percetakan Digital

Kesesuaian warna antara desain dan hasil cetak merupakan unsur yang sangat penting yang akan berpengaruh kepada seberapa jauh kepuasan pelanggan yang didapat. Sementara bagi sebuah usaha percetakan digital, kepuasan pelanggan tentu menjadi prioritas yang utama. Lantas, seberapa besarkah warna mempengaruhi keberhasilan karya desain melalui hasil cetak yang maksimal?

Ternyata warna memiliki peranan yang begitu dekat dengan kehidupan manusia. Berikut ini merupakan fungsi warna dalam bidang seni desain yang perlu kita ketahui :

klikprint-valentine-promo

Butuh print poster, brosur, spanduk, x-banner, kartu nama, dll tapi lagi malas keluar rumah? Kini nggak perlu ribet-ribet buat cetak digital segala kebutuhan anda. Klikprint hadir sebagai solusi cetak digital online yang sangat mudah, cepat dan dengan harga yang terjangkau. Mumpung lagi ada promo nih! Klik di sini untuk info lebih lanjut.

  1. Identitas

Warna merupakan sebuah lambang atau penanda yang membuat orang menjadi lebih mudah untuk mengingat suatu hal. Dengan warna, kita dapat dengan mudah mengenali suatu kelompok, masyarakat, atau organisasi, bahkan sebuah negara baik melalui logo, bendera, seragam, dan sebagainya.

Dalam dunia branding, warna merupakan penentu makna yang sangat penting yang mempengaruhi persepsi seseorang. Dengan warna pula, merk dari sebuah produk dapat dengan mudah dikenali dan dingat oleh masyarakat luas. Misalnya, logo berbentuk huruf M dan berwarna kuning dikenali sebagai McDonald. Logo berbentuk burung berwarna biru merupakan logo twitter, dan sebagainya.

  1. Isyarat atau alat komunikasi

Warna membantu untuk menyampaikan makna atas pesan tertentu. Misalnya, merah melambangkan keberanian, putih kesucian, dan sebagainya. Dalam beberapa kondisi, misalnya seperti pada saat parang, bendera berwarna putih menandakan pihak lawan menyerah.

Warna juga melambangkan pola atau tradisi tertentu. Contohnya pada lampu lalu lintas, merah artinya berhenti, kuning berarti hati-hati, dan hijau artinya berjalan. Tanda silang merah yang berarti palang merah. Mobil pemadam kebakaran selalu berwarna merah, dan masih banyak contoh di mana warna menentukan makna dari benda yang melekat kepadanya.

  1. Psikologis

Warna ternyata mempunyai fungsi yang cukup dalam di dalam kehidupan kita. Pemilihan warna bisa jadi menggambarkan kepribadian seseorang. Misalnya, orang dengan kepribadian extovert biasanya lebih senang menggunakan warna-warna cerah dan panas. Sementara sebaliknya, orang dengan kepribadian introvert lebih sering menggunakan warna-warna yang dingin dan gelap. Selain itu warna juga bisa mempengaruhi suasana di suatu tempat, misalnya untuk membuat tempat yang terkesan menyeramkan, kita harus banyak menggunakan warna-warna yang gelap. Sementara untuk menciptakan suasana yang ceria dan semangat belajar yang tinggi, sekolah taman kanak-kanak biasanya mewarnai dinding mereka dengan beragam warna-warna cerah. Dari sini kita dapat melihat, warna memiliki peran dalam mempengaruhi kondisi psikologis seseorang.

4. Estetika

Warna melakukan perannya sebagai warna ketika ia diletakkan dalam sebuah desain, yaitu menetukan keindahan sebuah karya. Warna yang tepat akan membuat suatu karya desain akan semakin maksimal. Selain itu, warna juga membantu kita untuk membedakan objek yang satu dengan objek yang lain. Jadi warna membantu membuat kita mengenali objek dari sebuah karya.

5. Struktural

Warna juga bisa berfungsi sebagai pengarah agar para pembaca atau penikmat karya desain melihat informasi-informasi penting yang ingin disampaikan oleh seniman. Dengan warna, informasi dapat diurutkan dengan struktur. Misalnya, dari informasi yang penting ke informasi yang kurang penting. Warna juga membantu kita untuk membedakan poin informasi yang satu dengan yang lainnya.

6. Alamiah

Warna merupakan properti yang melekat pada objek alam tertentu. Dengan kata lain, warna itu sendiri yang menggambarkan bagaimana suatu objek tertentu. Misalnya langit dan laut pasti berwarna biru, daun dan rumput berwarna hijau. Warna ini membuat kita mengenali dengan mudah objek-objek yang melekat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Warna ternyata memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Tidak terbayangkan jika segala hal yang kita lihat hanya berwarna hitam dan putih. Tentu akan sulit sekali untuk membedakan berbagai objek. Warna memiliki pengaruh yang besar dan tidak terlepas dari kehidupan kita. Oleh karena itu kita tidak bisa sembarangan memilih warna yang akan kita gunakan dalam hasil karya desain kita. Dan kita harus dapat memastikan bahwa jasa percetakan yang kita gunakan mampu menghasilkan warna yang akurat sesuai dengan hasil desain kita. Percayakan hasil cetak desain anda kepada kami. Kunjungi klikprint.co.id dan ikuti langkah-langkahnya. Info lebih lanjut dapat menghubungi (031) 3557730.

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.